Jumat, 21 Maret 2008

AKIP (Akademi Ilmu Pemasyarakatan) - JAKARTA


Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP) didirikan dengan pertimbangan adanya kebutuhan mendesak akan sumber daya manusisa di bidang pemasyarakatan berkenaan perubahan sistem perlakuan terhadap pelanggar hukum di Indonesia dari sistem kepenjaraan menjadi sistem pemasyarakatan. Konsep pemasyarakatan itu sendiri dicetuskan oleh DR. Sahardjo, SH, 1963.


Metode pendidikannya dibagi empat: program pendidikan akademis, teknis/profesi, kepribadian, dan jasmani. Selain menerima kuliah, mahasiswa juga dilibatkan dalam berbagai kegiatan ko-kurikuler: olahraga (sepak bola, pencak silat, kempo), seni budaya, paduan suara, teater, marching band, paskibraka, pramuka. Taruna (mahasiswa) yang tidak berhasil naik dari tingkat I ke tingkat II akan dikeluarkan.


Sejarah Singkat 

Tanggal Berdiri: 24 Oktober 1964.
Pendiri: Menteri Kehakiman RI DR. Sahardjo, S.H. Status: Kedinasan (Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia RI)
Direktur: Rusdianto, Bc.IP, S.H.
Masa jabatan: Juni 2001 – sekarang.


Profil 

Jenjang pendidikan: D3.
Jumlah mahasiswa: 18.
Jumlah lulusan, 2002: 64.
Jumlah pendaftar, 2002/2003: 450.
Jumlah mahasiswa diterima, 2002/2003: 60.
Jumlah alumni: 1.847.
Ikatan alumni: Ikatan Alumni Akademi Ilmu Pemasyarakatan (IKA AKIP).
Jumlah dosen: 76 (S1: 55, S2: 10, S3: 1, Profesor: 3).
Luas kampus: 10.000 m2.


Fasilitas Kampus 

Ruang kuliah: seluas 348 m2 (3 ruangan).
Perpustakaan: seluas 84 m2, koleksi 400 judul, 1.650 eksemplar.
Laboratorium: Komputer.
Lembaga penelitian: Riset Sosial khususnya permasalahan bidang pemasyarakatan.
Kegiatan mahasiswa: Orientasi lapangan (bagi Taruna Muda tingkat I), Praktik Kerja Lapangan (bagi Taruna Muda tingkat II), Kuliah Kerja Nyata (bagi Taruna Muda tingkat III), riset sosial, karya wisata, studi lapangan, olahraga (pencak silat Perisai Diri, sepak bola, bola voli, bola basket, tenis, bulutangkis, atletik, catur), kesenian (paduan suara, marching band, karawitan, band, puisi, kabaret), agama (Islam, Kristen, Hindu).

Fasilitas lain: ruang seminar/workshop, aula, ruang kegiatan(230 m2), poliklinik, masjid, sarana olahraga, lapangan olahraga (sepak bola, bola voli, bola basket, tenis, fitnes), kantin, asrama (4 gedung berlantai 4 @ 30 kamar dengan 2 tempat tidur).


Pendaftaran Mahasiswa Baru 

Pusat informasi pendaftaran: Sekretariat Jenderal Departemen Kehakiman RI, a. Kepala Biro Kepegawaian, Jalan H.R. Rasuna Said Kav.4-5, Kuningan, Jakarta Selatan; b. AKIP, Pusdiklat Departemen Kehakiman dan HAM RI, Jl. Raya Gandul, Cinere, Jakarta Selatan 16512. Telepon : (021) 7545096.


Waktu pendaftaran: Agustus – September.

Syarat: 


Tahap I : (1) Datang sendiri, tidak bisa diwakilkan.(2) Membawa surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam, ditujukan kepada: Menteri Kehakiman, Sekretariat Jenderal Departemen Kehakiman RI, UP. Kepala Biro Kepegawaian, Jalan H.R. Rasuna Said Kav.4-5, Kuningan, Jakarta Selatan. Dan mencantumkan lamaran untuk Calon Taruna Akademi Imigrasi RI. (3) Lampiran yang disertakan: fotokopi ijazah terlegalisir, fotokopi rapor Cawu III terlegalisir dan menunjukkan rapor asli, pasfoto berwarna dasar merah 3x4 dan 4x6 cm, masing-masing 2 lembar. (4) Untuk PNS Departemen Kehakiman dan HAM RI juga dilengkapi dengan surat izin dari atasan/Kepala UPT dan fotokopi SK pangkat terakhir. (5) Persyaratan lain: WNI, Pria/Wanita, Pendidikan SMU, Aliyah, STM, SMK (Banguunan, Listrik, Elektro, Otomotif), SMEA, SMPS dengan nilai rapor Cawu III rata-rata 7 atau Nilai Ebtanas Murni (NEM) rata-rata minimal 6, nilai Bahasa Inggris minimal 7. Usia 18 - 22 tahun. Tinggi badan minimal 168 cm (pria) dan 160 cm (wanita), berat badan ideal (berat badan = tinggi badan – 110). Sehat jasmani/rohani, tidak cacat, tidak buta warna, tidak juling tidak berkacamata (dibuktikan dengan surat keterangan dokter). Bebas HIV/AIDS, bebas narkoba, dan sehat paru-paru (dibuktikan dengan surat keterangan dokter dan keterangan hasil rontgen). Tidak ada bekas tato, dan bagi pria tidak ada bekas lubang anting-anting. Berkelakuan baik dengan buktik Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Kepolisian. Belum menikah (dibuktikan dengan surat keterangan RT/RW, Lurah) dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan. Tidak sedang bekerja atau terikat dengan instansi lain, baik pemerintah maupun swasta. Bersedia ditempatkan di Unit Pelaksanan Teknis (UPT) Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Sanggup mengganti biaya pendidikan apabila melanggar perjanjian ikatan dinas dengan Departemen Kehakiman dan HAM RI sekurang-kurangnya 5 tahun setelah tamat pendidikan terhitung di UPT, dengan membuat surat pernyataan dari orangtua/wali yang dilegalisir oleh notaris setempat (diserahkan setelah diterima menjadi taruna AKIP). Khusus penerimaan dari Pegawai Departemen Kehakiman dan HAM RI, selain memiliki persyaratan tersebut, juga harus memenuhi persyaratan khusus: a. Status Pegawai Negeri penuh dengan kerja minimal 2 tahun. b. Umur pada saat pendaftaran tidak lebih dari 25 tahun. c. Pangkat serendah-rendahnya Pengatur Muda (II/A) (d) DP-3 pada 2 tahun terakhir. e. Belum pernah mendapat hukuman disiplin berdasrkan PP Nomor 30/1980 dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala UPT.

Tahap II: (1) Membuat dan mengisi formulir pernyataan yang dilengkapi surat-surat keterangan lainnya yang dibutuhkan seperti tersebut di atas sebelum dinyatakan diterima sebagai calon taruna. (2) Mengingat jumlah yang diterima hanya 60 orang, calon yang lulus seleksi/ujian dan memiliki keterampilan (kesenian, komputer, bahasa Inggris, olahraga, bela diri, dan lain-lain dibuktikan dengan sertifikat) lebih diutamakan. (3) Datang sendiri, tidak bisa diwakilkan. (4) Membawa surat lamaran ditujukan kepada: Menteri Kehakiman, Sekretariat Jenderal Departemen Kehakiman RI, u.p. Kepala Biro Kepegawaian, Jalan H.R. Rasuna Said Kav. 4-5, Kuningan, Jakarta Selatan. Mencantumkan lamaran untuk Calon Taruna Akademi Imigrasi RI. Lampiran disertakan: formulir pendaftaran yang telah diisi, fotokopi ijazah yang dilegalisir, surat keterangan berkelakuan baik dari kepolisian, pasfoto hitam putih 4x6 cm dan dan 2x3 cm, masing-masing 4 lembar. Sanggup melaksanakan ikatan dinas, dan sanggup ditempatkan di seluruh Indonesia dan di luar negeri.

Harga formulir pendaftaran: Gratis.
Jalur pendaftaran: Tes : seleksi ujian dengan sistem gugur. Materi Tes: ujian tertulis (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pengetahuan Umum), ujian kesehatan, ujian olahraga/kesamaptaan, psikotes, wawancara, Peragaan dan Penentuan Tahap Ahir.

BIAYA PENDIDIKAN

Biaya kuliah : Gratis sampai tamat kuliah. Begitu pula akomodasi dan konsumsi di asrama.
Bagi pendaftar yang lulus seleksi, langsung diangkat menjadi CPNS Depaartmen Kehakiman dan HAM RI dengan pangkat/golongan ruang II/A.

Bagi pendaftar yang lulus seleksi sebelum tahun 2000, selain ia mendapat berbagai fasilitas gratis, meski belum diangkat menjadi CPNS Depaartmen Kehakiman dan HAM RI, juga menerima tunjangan ikatan dinas setiap bulannya.


Lain-lain 

Prestasi : 1. Merebut 3 medali emas, 1 perak dan 3 perunggu pada Open Tournament Silai Perisai Diri antarperguruan tinggi tahun 2000 di Jakarta. 2. Memperoleh 2 emas, 1 perak, dan 2perunggu di Kejuaraan Silat Perisai Diri antarperguruan tinggi tahun 2000 di Bali. 3. Meraih 3 emas, 4 perak, 1 perunggu di Kejuaraan Silat Perisai Diri antarperguruan tinggi tahun 2002 di Semarang. 4. Memperkuat Kecamatan Limo pada Pekan Olahraga Daerah Depok tahun 2001 untuk cabang atletik dengan perolehan medali 1 emas, 3 perak, dan 1 perunggu. 5. Merebut 2 medali perak dan 1 perunggu pada Asean Prison Track and Field Championship tahun 2002 di Penang, Malaysia.


Program Studi 

Fakultas Jurusan Program Studi Jenjang Program Akreditasi Poin 1 Poin 2 Tahun Akr. Catatan
Ilmu Pemasyarakatan Ilmu Pemasyarakatan D3 reguler


Informasi Kontak
Alamat : Pusdiklat Departemen Kehakiman dan HAM RI, Jl. Raya Gandul, Cinere, Jakarta Selatan 16512.
Telepon : (021) 7545096.
Faks.: (021) 7545096.

34 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya salah seorang siswa di MADRASAH ALIYAH AL-IMAN ADIWERNA, JL. RAYA II UJUNGRUSI, ADIWERNA-TEGAL.sangat setuju dengan adanya kuliah ikatan dinas ini. Hal tersebut tentu sangat mendukung demi pembangunan sosisl dalam hukum khususnya. dan saya adalah termasuk seorang siswa yang sangat tertarik dengan hal ini. Kalau bisa, bolehkah saya minta formulir dikirim ke sekolah saya? soalnya saya insya Allah akan melanjutkan ke AKIP ini.

Anonim mengatakan...

Saya salah seorang siswa di SMA N 1 BEBER ,JL.RAYA BEBER-CIREBON.saya sangat setuju dengan adanya kuliah ikatan dinas,dengan sdanya sekolah ikatan dinas ini kita dapat membangun sosial dan hukum.saya ingin sekali masuk sekolah ini,boleh kah saya meminta folmulir pendaftarn untuk sekolah saya,besar harapan saya dapat di terima di sekolah AKADEMI ILMU PERMASYRAKATAN...Amien..insya allah saya akan melanjutkan ke AKIP...?TTD:Y.R

Anonim mengatakan...

Saya siswa SMAN 1 LEUWIMUNDING, MAJALENGKA sangat trtarik dgn AKIP krna brgelut dg khdpn sosial dan hukum dan insyaallah saya brminat melanjutkan penddkan di AKIP,bgaimana cara mndpatkn formulir pndaftaran?dan waktu pendaftarannya?mhon penjelasannya ke almt email saya gio_mj@ymail.com,trmksh.

Anonim mengatakan...

saya Praceka Hardianto siswa SMA NEGERI 8 Tangerang yang Alhamdulillah telah lulus UN.Saya ingin sekali melanjutkan proses belajar saya ke jenjang yang lebih tinggi lagi,namun karena keterbatasan biaya saya mengurungkan niat sya itu.dan saya sangat senag sekali dengan adanya sekolah kedinasan seperti ini yang memungkinkan anak anak berprestasi yang kekurangan biaya jadi bisa mengembangkan skill nya.kebetulan saya sangat tertarik pada masalah masalah kemasyarakatan,hukum dan politik.Untuk itu saya memelih AKIP ini sebagai pilihan terbaik bagi saya dan apabila berkenan saya ingin sekali mendapatkan formulir pendaftaran,dan formulir bisa dikirimkan ke alamat rumah lengkap saya:
Dasana Indah Blok SS 3 no 4,RT 07,RW 016 kec. Kelapa Dua,kelurahan Bojong Nangka,kab Tangerang
Tangerang,Banten

Anonim mengatakan...

maaf saya praceka Hardianto
inii adalah no yang bisa dihubungi
08998199520 dan 085691078157

Anonim mengatakan...

saya salah seorang siswa di SMAN 58 JAKARTA, JL. RAYA CIRACAS. saya sudah lulus UN dan ingin masuk sana tapi umur saya masih 17 tahun, bisa tidak kira kira?

jejakku mengatakan...

Ass..
Saya Yuliani Nurul Inayah siswa dari SMK Negeri Manonjaya. Saya sangat berminat untuk melanjutkan pendidikan saya ke perguruan tinggi kedinasan khususnya AKIP. Namun, dikarenakan saya kekurangan informasi yg pasti, yg saya tanyakan adalah tes fisiknya seperti apa ya untuk perempuan??
Mohon penjelasannya utk dikirimkan ke email : yulie_rond@yahoo.co.id
atau ke no. 085793368325

Anonim mengatakan...

saya Diana Munawaroh siswi SMK Telekomunikasi Bengkulu, saya tertarik untuk lanjut ke AKIP ini , tahun 2010/2011 berapa kuota yang diterima ? mohon jawabanny.. makasiih

Anonim mengatakan...

Selamat malam
saya fitri yanti siswi SMAN 102 JAKARTA .
Saya rasa dengan adanya perguruan tinggi kedinasan AKIP ini ,dapat membantu saya untuk memilih jurusan secara PASTI dan JELAS ,,
dibandingkan dengan masuk PERGURUAN TINGGI NEGRI (PTN) yang belum tahu/pasti memiliki pekerjaan ..
Mohon penjelasannya lebih LENGKAP lagi yah
ini alamat email saya littlestars0993@yahoo.com
atau 08988146520 ..
Terima kasih
gbu :)

grisFeliz mengatakan...

saya Berlin Oktaviani Yohandes dari SMA N 10 Pekanbaru.
saya sangat berminat dengan AKIP.
Namun , saya ingin bertanya , apakah untuk bisa bergabung dengan AKIP para siswa yang berminat akan melalui tahap seleksi berupa Ujian ? jika iya , bisakah jelaskan Ujian seperti apa yang akan di berikana ? dan kapan Formulir pendaftaran dapat di ambil ?

hubungi saya melalui princes.gray@ymail.com atau di 085365074356

Anonim mengatakan...

Saya EVA ROSSANA, siswi SMAN 4 Banda Aceh. saya berencana melanjutkan pendidikan saya ke AKIP, untuk itu apakah tidak ada tempat untuk mendaftar AKIP-jakarta di kota-kota lain selain jakarta?

saya mohon jawabannya..
jaevaj@yahoo.com / 085275201186

Eka Sendhika mengatakan...

Syarat dan ketentuan pendaftaran mahasiswa baru tahun 2012/2013?
tanggal pendaftaran dan tempat pendaftaran ?
tlg konf secepatnya ke kontak 0271 7968290 / 087835006581
terima kasih

Anonim mengatakan...

Syarat pendaftaran, tempat dan tanggal pendaftaran tahun 2012/2013? tolong informasinya lebih lanjut bisa dikirim ke ch_mitha36@yahoo.com

Anonim mengatakan...

saya mau tau informasi lebih lanjut tentang syarat pendaftaran, prosedur pendaftaran, tempat dan tanggal pendaftaran tahun ajaran 2012/2013? tolong informasinya lebih lanjut bisa dikirim ke cathryseptiani@yahoo.com
terima kasih banyak :)

Kartika Ayu mengatakan...

saya pengen daftar yang 2012/2013 tolong dunk. infox 081945382188

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Saya berminat untuk melanjutkan pendidikan di AKIP ini, saya seorang siswa di SMK Telukkuantan, tetapi saya ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang syarat pendaftaran, prosedur pendaftaran, tempat dan tanggal pendaftaran tahun ajaran 2012/2013...
Tolong infonya dikirim melalui email saya eyo_zerin@yahoo.co.id or 085265262131.. thx.

asis mengatakan...

tolong kirim seputar pmb 2013 k email sya, makasih :)
asis.fitriana@ymail.com

Anonim mengatakan...

tolong kirimkan saya informasi seputar perdaftaran mahasiswa baru serta syarat dan waktu. ke mdpe@ymail.com. terima kasih :)

Anonim mengatakan...

Jika mata sudah sedikit minus tidak bisa mendaftar ya.

. mohon dijawab :(

Anonim mengatakan...

Tolong kirimkan ke email saya, apa saja syarat fisik nya.

dhemoejr@rocketmail.com
. saya sudah benar2 siap untuk melanjutkan kuliah ke AKIP ini. :)

Anonim mengatakan...

.,Ketika saya lulus nanti, umur saya masih 17 tahun, apakah saya masih tetap bisa mendaftar di AKIP ini?
.,untuk jawabannya ke email saya di(habiebumz18@gmail.com)
,thank you very much..

Anonim mengatakan...

saya siswa SMA TRI RATNA SIBOLGA tolong kirimkan formulir nya ke email saya terima kasih,
seymourandriirvinesidabutar@yahoo.com

Anonim mengatakan...

saya siswa SMK 3 PATI saya minat ingin masuk di AKIP, apakah dari jurusn kecantikan bisa masuk situ?? dan apa saya syarat fisiknya bisa di jawab di e mail saya Tsamarah.Muthia@yahoo.com

Unknown mengatakan...

Saya Nugroho dari SMKN 1 Ngawi saya jurusan TKJ , apa bisa mendaftar di AKIP, mohon penjelasannya ke alamat email saya dwinug18@gmail.com
terima kasih

Unknown mengatakan...

selamat siang,
mohon informasinya untuk pendaftaran tahun ajaran 2016 mendatang, harap info dikirim ke putri.mariyana87@gmail.com

terimakasih

Anonim mengatakan...

Hai, saya salah satu pelajar dikota Yogyakarta. Saya mau minta info terbaru mengenai pendaftaran 2016....
info bisa dikirim ke azizahrahma2711@gmail.com... terimakasih

Rosalia mengatakan...

Saya pelajar dari tangsel. Boleh saya minta formulir dan kejelasan lebih lanjut untuk masuk ke AKIP untuk tahun 2016? Ini email saya : orosalia86@gmail.com
Terima kasih.

Rosalia mengatakan...

Saya pelajar dari tangsel. Boleh saya minta formulir dan kejelasan lebih lanjut untuk masuk ke AKIP untuk tahun 2016? Ini email saya : orosalia86@gmail.com
Terima kasih.

Anonim mengatakan...

Saya Pelajar dari Kudus, dan Insyaallah akan melanjutkan di AKIP tahun 2016, bisa minta formulirnya?? email saya adilahilma.a2.02@gmail.com, terimalasih :)

Rindang mengatakan...

Saya putri rindang sari dari smkn 1 kedawung jurusan akuntansi apakah bisa mendaftar?

Unknown mengatakan...

Saya Nisrina Sari dari SMAN1 Lahat (SUMSEL). saya mau minta info pendaftaran terbaru dan kejelasan lebih lanjut untuk tahun 2016/2017. terima kasih sebelumnya dan ini email saya : nisrinasari13@gmail.com

Anonim mengatakan...

aslm.. dalam proses pembelajaran selama di kediknasan AKIP apakah ada pembelajaran fisik juga???? saya masih merasa khawatir akan adanya pembelajaran yang didalamnya mengizinkan adanya tindakan fisik yang merugikan. misalkan pada saan masa orientasi Mahasiswa baru.

Unknown mengatakan...

Saya mau bertanya apakah lulusan smk yg sudah lulus 4 thn yg lalu masih bisa daftar atau ikut testing?